Soal dan Pembahasan: Bab Puasa

Standar Kompetensi:
2. Melaksanakan Tata Cara Puasa  
Standar Materi:
A. Puasa

A. Pilihlah jawaban yang paling benar!
Pikirkan dulu jawabannya, baru setelah itu klik show untuk membaca pembahasan soal.  

1. Bagi orang yang sakit dan tidak lagi mampu berpuasa, maka baginya…
a. Wajib fidyah
b. Wajib fidyah dan qadha puasa
c. Wajib memerdekakan budak
d. Wajib qadha puasa
Jawaban: a. Wajib Fidyah Fidyah artinya denda. Orang yang sudah tidak mampu berpuasa tidak diwajibkan lagi mengqadha’ puasanya tetapi ia harus membayar fidyah. 1 hari puasa yang ditinggakan diganti dengan memberi makan 1 orang miskin. Apabila puasa yang ditinggalkan 29 hari maka membayar fidyahnya adalah memberi makan 29 orang miskin.
2.Melihat bulan sabit pada tanggal 1 bulan qamariyah dengan mata kepala adalah cara menentukan awal dan akhir Ramadhan dengan…
a. Hisab
 b. Istikmal
c. Rukyah
d. Astronomi
Jawaban: c. Rukyah Melihat bulan sabit pada tanggal 1 bulan qamariyah dengan mata kepala adalah cara menentukan awal dan akhir Ramadhan dengan Rukyah. Soal ini sebenarnya mudah jika kita mengingat arti rukyat secara bahasa, yakni melihat. Sementara Hisab berarti menentukan awal dan akhir Ramadhan dengan menghitung (ilmu falak) atau meramalkan peredaran bulan dan matahari. Sedangkan istikmal yaitu menggenapkan bulan Ramadhan atau bulan sya’ban menjadi 30 hari karena hilal (bulan) tidak bisa dirukyah (dilihat).
3.Berikut ini tidak membatalkan puasa, kecuali…
a.Mencicipi masakan
b.Sikat gigi siang hari
c.Berkumur-kumur sewaktu wudhu
d.Murtad
Jawaban: d. Murtad Hal-hal yang membatalkan puasa adalah sebagai berikut: a. Murtad (keluar dari Agama Islam) b. Mengubah niat c. Muntah disengaja d. Mengeluarkan mani disengaja e. Berhubungan badan suami istri f. Pinsan/tidak sadarkan diri/kesurupan/gila/sakit ayan g. Keluar darah haid dan nifas/melahirkan Satu dari hal-hal tersebut yang paling sering dilupakan adalah “murtad”. Padahal sangat jelas, bahwa keluar dari agama islam, sama saja lepas dari syarat sah puasa yang pertama dan utama, yakni Islam. Maka secara otomatis orang yang murtad puasanya menjadi batal (tidak sah).
4.Puasa pada tanggal 10 dzulhijjah hukumnya…
a.Makruh
b.Haram
c.Mubah
d.Sunnah
Jawaban: b. Haram. Puasa pada tanggal 10 dzulhijjah hukumnya adalah haram. 10 Dzulhijjah adalah hari raya ‘Idul Adha. Puasa haram yang lain adalah pada tanggal 1 syawal dan tanggal 11, 12, 13 Dzulhijjah (hari tasyrik). Jadi jumlah puasa haram dalam satu tahun ada 5 hari, yang terdiri dari 4 hari bulan Dzulhijjah dan 1 hari di bulan Syawal.
5.Berbohong saat berpuasa mengakibatkan…
a.Berdosa
b.Pahala puasa tidak sempurna
c.Puasa tetap sah
d.Puasanya tetap sah dan tidak mengurangi nilai pahala
Jawaban: b. Pahala puasa tidak sempurna. Berbohong saat berpuasa mengakibatkan pahala puasa tidak sempurna, tidak membatalkan puasa. Berdusta secara fiqih tidak membatalkan puasa, tetapi bisa jadi puasa seseorang yang berdusta hanya akan mendapatkan lapar dan dahaga, tanpa mendapatkan pahala puasa.
6.Perhatikan hal-hal berikut ini..
(1)Muntah disengaja
(2)Jimak di siang hari
(3)Mencicipi makanan
(4)Haid, nifas, dan walidah Yang membatalkan puasa adalah nomor…

a.1, 3
b.2, 4
c.1, 2, 4
d.1, 2, 3
Jawaban: c. 1, 2, 4. Silahkan dilihat lagi pernyataan-pernyataan berikut: (1) Muntah disengaja (2) Jimak di siang hari (3) Mencicipi makanan (4) Haid, nifas, dan walidah Nomor (3) yakni mencicipi makanan tidak membatalkan puasa tetapi merupakan perbuatan yang makruh dikerjakan ketika berpuasa.
7.Di antara tujuan berpuasa adalah…
a.Agar dapat hidup hemat
b.Agar bertambah takwa
c.Agar tumbuh menjadi langsing
d.Agar dipuji orang
Jawaban: b. Agar tertambah takwa. Tujuan puasa yang paling utama adalah agar seseorang bertakwa. Hal ini sesuai dengan akhir surat al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi, “la’allakum tattaqun” yang artinya, supaya kamu bertakwa.
8.Meninggalkan sesuatu yang membatalkan puasa mulai terbit fajar sampai terbenam matahari termasuk…
a.Syarat puasa
b.Rukun puasa
c.Syarat sah puas
d.Sunnah puasa
Jawaban: b. Rukun Puasa Meninggalkan sesuatu yang membatalkan puasa mulai terbit fajar sampai terbenam matahari termasuk rukun puasa. Rukun adalah hal yang pokok yang tidak boleh ditinggalkan. Apabila ditinggalkan atau tidak dikerjakan maka menimbulkan tidak sahnya suatu amal ibadah. Rukun puasa hanya ada dua, yakni: a. Niat b. Imsyak (menahan diri dari sesuatu yang membatalkan puasa dari terbit fajar sampai terbenam matahari).
9.Kifarat bagi orang yang tidak melaksanakan nazar adalah…
a.Memberi makan 40 orang miskin
b.Memberi pakaian sepuluh orang miskin
c.Berpuasa 10 hari
d.Berpuasa 3 hari
Ada 3 pilhan bagi orang tidak bisa mengerjakan puasa nadzar. ia mesti membayar kifarat, 1 dari 3 pilihan berikut: 1. Memberi makan 10 orang miskin 2. Memberi pakaian 10 orang miskin 3. memerdekakan budak. jika tidak mampu melakukan itu, maka bisa diganti dengan puasa selama 3 hari.
10.Mampu melaksanakan puasa termasuk…..puasa
a.Syarat wajib
b.Syarat sah
c.Rukun
d.Sunnah
Jawaban: a. Syarat wajib. Syarat wajib yaitu segala sesuatu yang menjadikan seseorang wajib melakukan kewajiban tertentu. Syarat wajib puasa yaitu: a. Islam b. Baligh c. Berakal sehat d. Suci dari haid dan nifas e. Mampu berpuasa. Jadi apabila orang sakit atau sudah tua (pikun) atau dalam bepergian yang membuatnya tidak mampu berpuasa, maka dibolehkan tidak mengerjakan puasa wajib.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »