Standar Kompetensi: 
3. Melaksanakan tatacara zakat  
Standar Materi: 
A. Zakat Fitrah
B. Zakat Mal

Soal!
A. Pilihlah jawaban yang paling benar! Pikirkan dulu jawabannya! Jika sudah klik show untuk membaca pembahasannya.  

1. Waktu yang wajib mengeluarkan zakat fitrah adalah…
a. Mulai awal sampai akhir Ramadhan
b. Sejak terbenam matahari pada penghabisan bulan Ramadhan
c. Sesudah salat Subuh sampai shalat Idul Fitri
d. Sesudah Shalat Idul Fitri
Jawaban: a. Mulai awal sampai akhir Ramadhan Untuk membayar zakat fitrah ada 5 cara berdasarkan waktunya, yakni: a. Waktu jawaz (boleh) : sejak awal Ramadhan sampai akhir Ramadhan b. Waktu Wajib: bila matahari telah terbenam di akhir Ramadhan c. Waktu Afdhal (utama): Sebelum kaum muslimin keluar untuk melaksanakan shalat hari raya Idul Fitri atau pada akhir Ramadhan. d.Waktu Makruh: setelah selesai shalat hari raya Idul Fitri. e.Waktu Haram: sesudah hari raya (satu hari setelah hari raya)
2. Orang yang baru masuk Islam dan imannya masih lemah dinamakan…
a. Mualaf
b. Mukalaf
c. Mumayiz
d. Baligh
Jawaban: a. Mualaf Orang yang baru masuk Islam dan imannya masih lemah dinamakan mualaf. Mualaf berbeda dengan mukalaf. Mukalaf adalah orang yang sudah dikenakan kewajiban menjalankan syari’at Islam atau orang yang sudah dibebani hukum Islam.
3. Waktu yang utama untuk mengeluarkan zakat Fitrah adalah…
a. Pada awal Ramadhan
b. Pada akhir Ramadhan
c. Sesudah shalat ‘Idul Fitri
d. Setelah salat subuh sampai berdirinya salah ‘Idul Fitri
Jawaban: B. pada akhir Ramadahan. Waktu yang utama (afdhal) untuk mengeluarkan zakat Fitrah adalah adalah pada akhir Ramadhan, atau pada malam idul fitri.
4. Masalah zakat dibicarakan dalam bindang…
a. Muamalah
b. Ibadah
c. Akidah
d. Akhlak
Jawaban: b. Ibadah Fiqih itu dibagi menjadi tiga, yaitu: a. Fiqih ibadah b. Fiqih jinayah-siyasah (politik dan kenegaraan) c. Fiqih muamalah (hubungan antar manusia) Zakat termasuk dalam masalah ibadah, satu kelompok dengan shalat, haji, puasa.
5. Keluarga Haji Sulaiman sebanyak 11 orang. Zakat fitrah yang harus dikeluarkan sebanyak…
a. 11 kg beras
b. 33 liter beras
c. 27,5 liter beras
d. 37,5 kg beras
Jawaban: d. 27,5 kg beras Besarnya zakat fitrah bagi keluarga Haji Sulaiman sebanyak 11 orang adalah 11x2,5 kg= 27,5 kg.
6. Dalam Islam jiwa dapat dibersihkan dengan…
a. Pajak pemerintah
b. Zakat mal
c. Zakat fitrah
d. Pajak penghasilan
Jawaban: c. Zakat fitrah Dalam Islam jiwa dapat dibersihkan dengan zakat fitrah. Sementara zakat mal merupakan zakat untuk menyucikan/membersihkan harta karena dalam harta yang dimiliki seseorang yang sudah mencapai nisab terdapat hak orang lain yang harus dikeluarkan.
7. Akibat orang yang tidak mau mengeluarkan zakat fitrah adalah…
a. Hartanya tidak suci
b. Tergolong kufur nikmat
c. Puasanya tidak diterima Allah
d. Hartanya tidak berkah
Jawaban: c. Puasanya tidak diterima Allah Swt Akibat orang yang tidak mau mengeluarkan zakat mal, yaitu: a. Hartanya tidak suci b. Hartanya tidak berkah c. Tergolong kufur nikmat d. Tertanam jiwa kikir/bakhil Sedangkan pilihan (c) Puasanya tidak diterima Allah Swt, merupakan akibat dari orang yang tidak mengeluarkan zakat fitrah.
8.Seorang muslim mempunyai tabungan sebesar 20 juta rupiah dan telah dimilikinya selama setahun. Jika harta emas pergram Rp. 150.000,- maka orang tersebut wajib mengeluarkan zakatnya sebesar…
a. Rp. 234.000,-
b. Rp. 250.000,-
c. Rp. 500.000,-
d. Rp. 1.000.000,-
Jawaban: c. 500.000,- Diketiahui, harta yang dimiliki seorang Muslim: Rp. 20.000.000,- Harga emas pergram: Rp. 150.000,- Ditanyakan: Berapa zakat yang harus dikeluarkan orang tersebut? Kita lihat dulu, apakah orang tersebut sudah diwajibkan membayar zakat atau belum. Caranya: harga emas pergram dikalikan 85 gram (nishab emas) 150.000 x 85 = Rp. 12.750.000,- Berarti orang tersebut sudah wajib membayar zakat mal. Berapa zakatnya? Jumlah harta yang dimiliki dikalikan (x) 2,5 % Rp. 20.000.000,- x 2,5 % = Rp. 500.000.
9. Zakat fitrah termasuk ibadah yang hukumnya…
a. Wajib ain
b. Wajib Kifayah
c. Sunnah
d. Sunnah muakad
Jawaban: a. wajib ‘ain Hukum membayar zakat fitrah adalah wajib ‘ain. Wajib ‘ain adalah wajib bagi tiap pribadi. Sedangkan wajib kifayah adalah suatu kewajiban yang hanya menuntut terwujudnya suatu pekerjaan dari sekelompok masyarakat, sehingga jika pekerjaan tersebut telah dikerjakan oleh salah orang, maka kewajiban yang lain menjadi gugur.
10. Hal-hal berikut ini termasuk syarat wajib zakat fitrah, kecuali…
a. Islam
b. Orang tersebut ada pada waktu terbenam matahari pada malam ‘Idul Fitri
c. Orang tersebut mempunyai kelebihan makanan
d. Baligh
Jawaban: d. baligh Syarat wajib zakat fitrah adalah sebagai berikut: a. Islam b. Orang tersebut ada (hidup) pada waktu terbenam matahari pada malam ‘Idul Fitri c. Orang tersebut mempunyai kelebihan makanan untuk diri dan keluarganya pada malam idul fitri d. Lahir sebelum matahari tenggelam di akhir Ramadhan. Jadi, baligh bukanlah syarat wajib zakat fitra.
B. Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan benar! Jika sudah klik show untuk membaca pembahasannya.

1. Bagaimana cara kita membayar zakat mal berupa hasil peternakan ayam!
1. Nishab pada ternak unggas dan perikanan tidak diterapkan berdasarkan jumlah (ekor), sebagaimana halnya unta, sapi, dan kambing. Tapi dihitung berdasarkan skala usaha. Nishab ternak ayam atau unggas disetarakan dengan nishab emas, yakni 85 gram. Artinya bila seorang beternak unggas atau perikanan, dan pada akhir tahun (tutup buku) ia memiliki kekayaan yang berupa modal kerja dan keuntungan lebih besar atau setara dengan 85 gram emas murni, maka ia terkena kewajiban zakat sebesar 2,5 %.
2. Bolehkah kita mengambil kebijakan sendiri dalam melaksanakan zakat!
2. Zakat merupakan ibadah mahdzah, atau ibadah yang cara mengerjakannya harus sesuai dengan apa yang disyari’atkan Allah dan dicontohkan Rasulullah Saw. Jadi, pembayaran zakat tidak boleh seenaknya sendiri, melainkan harus sesuai dengan tuntunan syariat Islam.
3. Nisab emas sebesar 85 gram. Apa maksud dari pernyataan tersebut!
3. Nisab emas sebesar 85 gram. Maksudnya adalah, jika harta yang dimiliki seseorang sudah mencapai 85 gram maka harta tersebut sudah wajib dikeluarkan zakatnya sebesar 2,5 %, jika harta tersebut sudah mencapai haul (sudah dimiliki selama 1 tahun)
4. Orang diwajibkan membayar zakat fitrah adalah orang yang mampu dan berkecukupan. Apakah yang dimaksud dengan hal tersebut, jelaskan!
4. Orang diwajibkan membayar zakat fitrah adalah orang yang mampu dan berkecukupan. Kriteria seseorang dikatakan mampu di sini adalah orang tersebut mempunyai kelebihan makanan, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk keluarganya pada malam Idul Fitri dan pada siang harinya.
C. Latihan menggunakan kalkulator zakat online. Pak Karim adalah seorang muslim yang memiliki harta yang telah tersimpan satu tahun sebagai berikut: a. Uang Tunai, Tabungan, Deposito atau sejenisnya: 20000000 b. Emas, Perak, Permata atau sejenisnya: 25.000.000 c. Mobil (lebih dari keperluan pekerjaan anggota keluarga): 100.000.000 Selain harta tersebut, Pak Karim juga memiliki pendapatan lain, sebagai berikut: d. Pendapatan / Gaji per Bulan (setelah dipotong pajak): 300000000 e. Bonus/pendapatan lain-lain selama setahun: 2500000 f. Rata-rata pengeluaran rutin per bulan (kebutuhan fisik, air, listrik, pendidikan, kesehatan, transportasi, dll): 1500000 g. Pengeluaran lainnya dalam satu tahun (pendidikan, kesehatan, dll): 2000000 Jumlah Pengeluaran per Tahun (12 x m + n): 20000000 Lihat cara mengerjakan. Klik show!
Cara mengerjakannya: Silahkan buka situs berikut. http://www.rumahzakat.org/kalkulator.html Masukkan jumlah harta yang dimiliki Pak Karim tersebut sesuai dengan kolom yang telah tersedia! Untuk menghitung zakat profesi, masukkan pula haji, bonus, pengeluaran rutin perbulan Pak Karim tersebut! Dengan menggunakan kalkulator online zakat tersebut kita akan dengan mudah mengetahui berapa jumlah zakat yang harus dikeluarkan. Tetapi karena harga emas murni perbulan yang digunakan sebagai standar nishab zakat mal berubah-ubah, maka hasilnya pun berubah-ubah! Oleh kerena itu, jika sudah mengerjakan soal ini, jangan lupa tuliskan harta emas pergram ketika Anda menghitung zakat!

Posting terkait pembahasan soal