Soal dan Pembahasan: Bab Shadaqah, Hibah, Hadiah

Standar Kompetensi:  
4. Pengeluaran Harta di Luar Zakat
Standar Materi:   
A. Hibah  
B.Shadaqah  
C. Hadiah

Soal! A. Pilihlah jawaban yang paling benar!  

1. Shadaqah yang pahalanya mengalir terus menerus walaupun orangnya sudah keninggal dunia disebut… 
a. Jariyah 
b. Hadiah 
c. Hibah 
d. Fidyah
1. Jawaban untuk: a. Jariyah Ingatlah akan sabda rasulullah saw, "Apabila seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga perkara, yaitu shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak shaleh yang selalu mendo'akan kedua orang tuanya". (HR. Muslim). Shadaqah jariyah memiliki arti yang sepesifik. Kata jariyah memiliki arti mengalir. Yang dimaksud dengan shadaqah jariyah adalah harta yang sumbangkan di jalan Allah. Kriterianya adalah benda itu tetap tapi bisa memberikan manfaat yang terus menerus kepada orang lain. Misalnya, seseorang menyumbangkan tanah atau bangunan berupa masjid, madrasah, pesantren, rumah sakit, laboratorium, dan lain-lain. Selama benda-benda itu bermanfaat buat orang lain, maka pahalanya akan terus mengalir meski pemberinya sudah di alam kubur.
2. Pernyataan penerimaan dari orang yang menerima pemberian orang lain disebut 
a. Ijab 
b. Qabul 
c. Aqad 
d. Taklik
Jawaban: b. Ijab Pernyataan penerimaan dari orang yang menerima pemberian orang lain disebut qabul. Sementara pernyataan penerimaan disebut ijab. Sedangkan yang disebut aqad ialah perjanjian dari ijab dan qabul tersebut. Orang yang sudah memberikan barangkan kepada orang lain artinya ia sudah mengakadkan (mengesahkan) ijabnya. Sedangkan taklik menurut bahasa artinya pernyataan.
3. Orang yang telah meninggal dunia terputus amalnya kecuali tiga macam, yaitu…. 
a. Anak Shalih, Jariyah, dan iktikaf 
b. Ilmu bermanfaat jariyah dan haji 
c. Tawakal, ilmu manfaat dan anak shalih 
d. Jariyah, ilmu bermanfaat dan anak shalih
3. Jawaban: d. Jariyah, ilmu bermanfaat, dan anak shalih Pertanyaan pada nomor tiga masih ada kaitannya dengan nomor satu. Silahkan dilihat kembali pembahasan pada nomor satu, khususnya sabda Rasulullah Saw yang termaktub di sana.
4. Perbedaan shadaqah dan infak ialah terdapat pada…. 
a. Waktunya 
b. Kadarnya 
c. Sifatnya 
d. Manfaatnya
Jawaban: c. barang yang diberikan Infaq sering diartikan sebagai sumbangan sukarela atau seikhlasnya (materi) sedangkan shadaqah memiliki makna lebih luas lagi dari infaq, karena yang diberikan dalam sedekah tidak terbatas pada materi saja, tetapi bisa berupa ilmu, bahkan senyum pun bisa dikatakan shadaqah. Memang, banyak orang sering kebingungan membedakannya, bukan hanya shadaqah dan infaq, tetapi juga dengan zakat. Untuk lebih jelasnya, silahkan buka artikel berikut: Perbedaan Zakat, Infaq dan Shadaqah: Perbedaan Infaq dan Shadaqah. http://wirausahapesantren.blogspot.com/2010/02/perbedaan-zakat-infaq-shodaqoh.html
5. Salah satu amalan berikut ini yang dapat menghilangkan pahala shadaqah ialah….
  a. Riya 
  b. Dengki 
 c. Iri 
  d. Hasud
Jawaban: a. Riya. Riya menurut arti bahasa berarti “melihat” . Sedangkan riya menurut istilah adalah “sikap atau tindakan seseorang memperlihatkan amal perbuatannya serta ibadahnya kepada orang lain.” Dengan kata lain riya adalah melakukan amal atau ibadah dengan niat karena selain Allah, ingin pujian atau dilihat oleh orang lain. Dengki adalah sikap tidak senang melihat orang lain bahagia dan berusaha untuk menghilangkan nikmat tersebut. Sifat ini sangat berbahaya karena tidak ada orang yang suka dengan orang yang memiliki sifat seperti ini.Hasud adalah suatu sifat yang ingin selalu berusaha mempengaruhi orang lain agar amarah / marah orang tersebut meluap dengan tujuan agar dapat memecah belah persatuan dan tali persaudaraan agar timbul permusuhan dan kebencian antar sesama. Sedangkan iri adalah suatu sifat yang tidak senang akan nikmat yang didapat oleh orang lain dan cenderung berusaha untuk menyainginya. Iri hati yang diperbolehkan dalam ajaran islam adalah iri dalam hal berbuat kebajikan, seperti iri untuk menjadi pintar agar dapat menyebarkan ilmunya di kemudian hari, atau iri untuk membelanjakan harta di jalan kebenaran.
6. Seorang nenek menghibahkan sepetak tanah kepada anak angkatnya, maka hibah tersebut hukumnya…. 
a. Mubah 
b. Sunnah 
c. Wajib 
d. Haram
Jawaban: a. Mubah Hibah atau pemberian sesuatu dari seseorang kepada orang lain berdasarkan hukumnya dapat dikategorikan menjadi empat. a. Wajib: hibah seorang suami kepada istri dan anak-anak, atau disebut juga infaq. b. Mubah: hibah dari sesama teman, sesama tetangga, dari anak ke orangtua, nenek kepada cucu, dan banyak lagi. c. Sunnah: hibah yang diberikan kepada fakir-miskin atau yang tidak mampu. Hibah ini sudah masuk dalam kriteria shadaqah yang sunnah hukumnya. d. Haram: hibah haram apabila menghibahkan sesuatu untuk digunakan dalam kemaksiatan. e. Makruh: menghibahkan sesuatu dengan maksud mendapat imbalan sesuatu baik berimbang maupun lebih hukumnya adalah makruh.
7. Barang yang telah dihibahkan tidak boleh diminta kembali kecuali hibah antara…. 
a. Istri kepada suami 
b. Suami kepada istri 
c. Anak kepada orangtuanya 
d. Orang tua kepada anaknya.
Jawaban: d. Orang tua kepada anaknya. Hibah orangtua kepada anaknya boleh diminta kembali, berdasarkan sabda Rasulullah saw: Tidak halal seseorang yang telah memberikan sesuatu atau menghibahkan sesuatu, meminta kembali barangnya, kecuali pemberian ayah kepada anaknya (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, Tirmizi, dan Nasa’i dari Ibnu Abbas).
8. Rasulullah Saw. Menganjurkan untuk saling menghormati dengan cra memberikan hadiah karena…. 
a. Menimbulkan rasa cinta dan persaudaraan 
b. Membangkitkan semangat untuk bersaing 
c. Mengangkat derajat seseorang 
d. Mendorong untuk berbuat baik
Jawaban: a. Menimbulkan rasa cinta dan persudaraan. Sebenarnya dari empat pilihan yang tersedia di soal nomor delapan, semuanya hampir mirip. Tetapi karena ini menyangkut sabda Rasulullah saw, maka jawaban tidak boleh keluar dari itu. Sabda Rasulullah saw tersebut adalah: “Hendaklah kalian saling memberi hadiah, niscaya kalian akan saling menyayangi.”
Terimakasih sudah berlatih mengerjakan soal.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »