Standar Kompetensi: 

5. Memahami Hukum Islam Tentang Haji dan Umrah
Standar Materi: 
A. Haji B. Umrah

SOAL! 
A. Pilihlah jawaban yang benar dari pilihan yang tersedia.

1. Berikut ini yang bukan termasuk pengertian haji menurut bahasa adalah…
a. Mengunjungi

b. Menyengaja
c. Berziarah
d. Menuju
JAWABAN: A. Mengunjungi Kata "haji" berasal dari "hajja-yahijju-hijjun" (kata benda) dan "hajja-yahujju-hajju" (kata sifat). Haji secara bahasa (etimologi) artinya adalah berziarah, menyengaja atau mengunjungi.
2. Segala sesuatu yang menjadikan seseorang wajib menunaikan ibadha haji disebut syarat wajb haji. Berikut ini termasuk syarat wajib haji
a. Berakal
b. Thawaf ifadhah
c. Ihram dari miqat
d. Bermalam di mina
JAWABAN: A. Berakal Syarat wajib haji adalah segala sesuatu yang menjadikan seseorang wajib mengerjakan ibadah haji. Apabila ada salah satu syarat yang belum dimiliki oleh seseorang maka orang tersebut belum wajib (tidak berdosa) haji. Berikut ini adalah keseluruhan syarat wajib haji: a. Islam. b. Berakal. c. Baligh. d. Merdeka. e. Mampu (istitha'ah)
3. Thawaf adalah menglelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali. thawaf menjadi rukun haji dinamanyakan thawaf….
a. Qudum
b. Ifadhah
c. Wada’
d. Nadzar
JAWABAN: B. Ifadhah Thawaf ifadhah adalah thawaf yang menjadi salah satu rukun haji. Thawaf tersebut dikerjakan setelah wukuf di padang Arafah. Sedangkan thawaf qudum termasuk sunnah haji yang dikerjakan ketika baru tiba di kota makkah. Thawaf Wada’ termasuk wajib haji, dikerjakan ketika hendak meninggalkan kota Makkah (pulang). Thawaf nadzar adalah thawaf janji; apabila seseorang pernah berjanji akan mengerjakan thawaf setelah, maka ia wajib mengerjakan janjinya tersebut.
4. Sa’I termasuk salah satu dari rukun haji yang dalam pelaksanaannya dikerjakan setelah…
a. Thawaf
b. Wukuf
c. Ihram
d. Tahalul
JAWABAN: A. Thawaf Sa’i dikerjakan setelah thawaf. Jika Anda sudah hafal rukun haji secara urut soal ini sebenarnya sangat mudah. Berikut adalah rukun haji: a. Ikhram b. Wukuf c. Thawaf d. Sa’i e. Tahalul f. Tertib
5. Di dalam ibadah haji dikenal istilah miqad zamani. Menurut bahasa miqad zamani berarti…
a. Batas wilayah
b. Batas tanah suci
c. Batas tempat
d. Batas waktu
JAWABAN: D. Batas waktu Miqad zamani secara bahasa artinya batas waktu. Untuk lebih mudah mengingat dan membedakannya dengan miqat makani, ingat-ingatlah kata zaman, yang artinya waktu. Miqat zamani secara istilah diartikan sebagai batas waktu ikhram haji, yakni dimulai pada 1 Syawal sampai 10 Dzulhijjah. Sedangkan miqat zamani umrah adalah sepanjang tahun, artinya tidak ada batasan, karena umrah bisa dilakukan kapan saja.
6. Perbedaan antara rukun haji dan rkun umrah hanyalah terletak pada….
a. Ihram
b. Thawaf
c. Wuquf
d. Sa’i
JAWABAN: C. Wukuf Perbedaan antara rukun haji dan rukun umrah hanyalah terletak pada wukuf. Dalam umrah tidak terdapat wukuf. Karena wukuf ini tanggalnya sudah ditentukan, yakni pada tanggal 9 dzulhijjah mulai terbit fajar sampai terbenam matahari.
7. Yang termasuk salah satu dari wajib umrah adalah….
a. Mengerjakan thawaf qudum
b. Membaca talbiyah di sat sa’i
c. Berdzikir ketika thafalaf ifadhah
d. Meninggalkan segala larangan haji
JAWABAN: D. Meninggalkan segala larangan haji Wajib umrah hanya ada dua, yaitu: a. Ihram dari miqat b. Meninggalkan segala larangan dalam ibadah umrah.
8. Di dalam pelaksanaan ibadah haji yang dimaksud dengan ihram adalah…
a. Berlari-lari kecil dari Shafa ke Marwa b. Berniat mulai mengerjakan haji
c. Mencukur rambut tiga helai
d. Hadir di Padang Arafah
JAWABAN: B. Berniat mulai mengerjakan haji Di dalam pelaksanaan ibadah haji yang dimaksud dengan ihram adalah berniat mulai mengerjakan haji.
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!  

1. Jelaskan perbedaan antara haji qiran, tamattu’ dan haji ifrad!
Jawab: 1. Perbedaan haji ifrad, tamattu’ dan qiran adalah sebagi berikut: a. Ifrad: (HU) yang artinya melakukan haji terlebih dahulu baru kemudian mengerjakan umrah. Orang yang mengerjakan haji Ifrad tidak dikenakan membayar dam. b. Qiran:(H+U) yang artinya ibadah haji dan umrah dilakukan dalam satu niat. Haji qiran wajib membayar dam yakni menyembelih domba yang sah untuk kurban atau berpuasa kafarat selama sepuluh hari, tiga hari dilakukan di tanah suci dan 7 hari di tanah asal. c. Tamattu': (UH) yang artinya berikhram untuk umrah terlebih dahulu baru kemudian berikhram untu haji yang dilakukan pada bulan-bulan haji. Cara berhaji tamattu’ ini juga dikenai dam sebagaimana haji Qiran.
2. Mengerjakan haji adalah wajib bagi yang mampu. Sebutkan syarat-syarat orang yang telah dikatakan mampu untuk melaksanakan haji!
Jawab: Mengerjakan haji adalah wajib bagi yang mampu. Syarat mampu di sini meliputi beberapa syarat, yakni: a. Mempunyai biasa untuk naik haji b. Mempunyai bekal yang cukup c. Ada kendaraan d. Aman dalam perjalanan e. Syarat wajib bagi perempuan, hendaknya bersama dengan muhrimnya atau dengan orang yang bisa dipercaya. f. Sehat jasmani dan rohani.
3. Sebutkan larangan-larangan bagi jamaah haji ketika dalam keadaan ihram, khusus bagi jamaah haji laki-laki dan khusus bagi perempuan!
Jawab: Khusus bagi jamaah haji laki-laki terdapat larangan selama ikhram, yaitu: Memakai tutup kepala Memakai pakaian berjahit Memakai alas kaki yang menutupi mata kaki Khusus bagi jamaah haji perempuan larangan selama ikhram adalah sebagai berikut: a. Memakai tutup muka b. Memakai kaos (tutup) tangan
4. Sebutkan enam macam thawaf dengan disertai pengertiannya masing-masing!
Ada empat macam thawaf, yaitu: a. Thawaf Qudum, yaitu thawaf selamat datang. Thawaf ini hanya berlaku bagi mereka yang melakukan haji Ifrad. b. Thawaf Ifadhah, yaitu thawaf rukun (haji / umrah). c. Thawaf Sunnah, yaitu thawaf-thawaf yang dilakukan kapan saja bilamana ada peluang. d. Thawaf Wada', yaitu thawaf selamat tinggal, yang dilakukan jika seorang haji akan meninggalkan tanah haram. Tata cara dan syarat pelaksanaan empat macam thafaf di atas adalah sama, yang membedakan adalah niatnya.
5. Buatlah karangan pendek dengan tema, “AKU INGIN NAIK HAJI”
Jawab: Cara untuk membuat karangan pendek (non-fiksi) dengan tema “AKU INGIN NAIK HAJI” perhatikanlah hal-hal berikut: a. Dalam sebuah karangan biasanya terdapat tiga bagian, yakni bagian pendahuluan, isi dan penutup. b. Pada bagian pendahuluan bisa dimulai dengan mengemukakan seputar haji; pengertian, hukum, syarat dan lain-lain. c. Pada bagian isi kemukakanlah hal-hal yang membuatmu tertarik untuk naik haji dan upaya-upaya yang semestinya dilakukan untuk menggapai impian tersebut. d. Pada bagian penutup berisi kesimpulan dari apa yang telah kamu tulis. e. Tema sudah ditentukan, maka buatlah karangan yang tidak keluar dari tema.

Posting terkait pembahasan soal