Asyiknya Bermain Thek-thek

Sebagaimana dimuat di majalah Prestasi MTs N Wonosobo, bahwa di daerah banyumas dan Purbalingga terdapat sebuah alat tradisional bernama kenthongan. Kenthongan di sana lebih terkenal digunakan sebagai alat untuk bermain musik. Dua daerah ini adalah kota kabupaten yang masih tergolong dalam lingkup Povinsi Jawa Tengah. Dua daerah ini terkenal karena telah memajukan seni musik Thek-Thek. Bunyi-bunyian kenthongan yang semula hanya monoton dan tak memiliki nada dasar, kini menjadi suara yang enak untuk didengar dan dirasakan. Menciptakan alunan bunyi musik yang enak di dengar. Kegiatan menabuh kentongan sendiri berawal dari kebiasaan penduduk yang melakukan ronda, yang biasanya berjumlah 4-5 orang dengan menabuh kenthongan keliling desa.

Namun kini dengan sentuhan seni, kenthongan atau sering disebut dengan “thek-thek” dapat menjadi seni musik dengan ritme yang indah dan enak didengar tanpa harus meninggalkan nuansa ketradisionalannya. Dan masyarakatpun kemudian mengenal kenthongan juga sebagai alat musik. Sekarang seni musik Thek-Thek sudah banyak diperlombakan. Jumlah pemaiinnya rata rata 30 an orang, selain kenthongan sebagai alat musik utama, diiringi juga dengan alat musik seperti Bedhug (biasanya 2 biji), Calung, Kecrek, Suling, Teplak dan Angklung. Juga ditambah alat-alat lain agar lebih berirama.

Tidak lupa dikomandani oleh seorang Mayoret juga. Dari segi kostum biasanya para pemain memakai kostum yang seragam dan berwarna yang terkesan “ngejreng” supaya bisa menarik perhatian penonton pastinya. Lagu yang biasanya dibawain yaitu lagu Dangdut dan Campur Sari. Tapi banyak juga lagu pop yang biasa diaransemen para pemain supaya pas dimaenin sama Thek-Thek, tinggal sekreatifnya pemain-pemainnya aja.

Nah, saat ini di MTs Negeri Wonosobo sudah memiliki alat musik tradisional tersebut. Guna menambah dan kecintaan dan melestarikan musik tradisional, maka MTs N Wonosobo juga memberikan kesempatan bagai para siswa untuk mengikuti Ekstrakulikuler.

Yuk kita tonton para siswa yang sedang asyik bermain thek-thek berikut:



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »