Karya Siswa: "Hikmah Zakat Fitrah"


Ditulis oleh Kelompok AL-HIKMAH 
Nama Angggota: 
*Ahmad Yopi S.P (3) 
*Ahmad Silahudin (8) 
*Ibnu Maftukhan (20) 
*Latifa Nur Ikrimah (21) 
*Rindi Muktiana (28) 
*Vembi Aulia Ekawati (32) 

Tulisan ini adalah karya siswa MTs N Wonosobo yang dikerjakan untuk tugas mata pelajaran fiqih kelas VIII bab zakat. 

A. PENDAHULUAN 


Kami telah membuat artikel fiqih yang berjudul “ HIKMAH ZAKAT FITRAH “ kami berharap artikel ini dapat membantu pembaca dalam memahaminya karena zakat fitrah adalah zakat berupa makanan pokok yang wajib ditunaikan untuk setiap jiwa satu tahun sekali.

Dan zakat fitrah termasuk rukun islam, jadi wajib bagi mereka yang mampu. Kalau kita melaksanakannya , kita mendapatkan pahala dan saling membantu sesama manusia.

Berikut ini hikmah zakat fitrah yang kami tulis

B. Hikmah Zakat Fitrah


1. Untuk MenSyukuri nikmat Allah

Dengan mengeluarkan sebagian untuk membantu orang lain yang kekurangan dan amat membutuhkan, karena semua harta benda diperoleh manusia berasal dari Allah SWT.

2. Meringankan Beban Hidup Fakir Miskin

Kehidupan masyarakat kita umumnya terdiri atas tiga tingkatan, ada yang kaya, ada yang keadaan ekonominya sedang (Sekedar Mencukupi), dan ada yang hidupnya senantiasa berada dalam kekurangan. Sehingga tidak perlu meminta-minta di hari raya, sekaligus membahagiakan mereka di hari raya.

3. Untuk Mengurangi Kejahatan Dalam Masyarakat

Bentuk-bentuk kejahatan yang terdapat dalam masyarakat bermacam-macam alasannya. Selain karena kerusakan moral, juga dapat di sebabkan karena keterbatasan ekonomi. Dengan adanya zakat, maka masyarakat yang kurang mampu akan terbantu sehingga tidak terjadi kejahatan dalam masyarakat.

4. Untuk Menumbuhkan Sikap Kasih Sayang Antar Sesama dan Menghilangkan Sifat Kikir.

Allah SWT mewajibkan agar mengeluarkan zakat akan timbul kesadaran bahwa di hari tuanya ada hak orang lain. Kebiasaan zakat akan menimbulkan sikap tolong-menolong.

5. Untuk Menenangkan Hati Orang yang Baru Masuk Islam.

Dengan di syariatkan zakat, orang muallaf meyadari bahwa agama Islam yang mereka anut mempunyai aturan yang begitu lengkap. Dalam kehidupan manusia yang serasi dan harmonis, sebab meraka sendiri orang yang berhak menerima zakat.

C. PENUTUP

Dengan adanya penyusunan tentang hikmah zakat fitrah, kita dapat mengetahui beberapa hal yang harus kita lakukan untuk menjalin solidaritas sesama manusia dan mengamalkan rukun islam yang ke-4.

Kami menyadari bahwa dalam penyusunan artikel ini masih terdapat banyak kekurangan, semoga bermanfaat bagi para pembaca dan pendengar.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »