Karya Siswa: MAKANAN DAN MINUMAN HALAL

Unknown
makanan halal dan haram dalam islam
Tulisan ini disusun oleh sebagai tugas mata pelajaran Fiqih Kelas VIII Semester Genap
DISUSUN OLEH

  • ASHOFI
  • AZKA ADININAJWA
  • OKTAVIA DWI UMIATI
  • PUTRI ROBIATUL ADZEWIYAH
  • MUHSINUN

PENDAHULUAN

Seorang muslim yang baik adalah orang muslim yang taat terhadap ajaran agamanya. Dalam hal makanan dan minuman, seorang muslim harus memperhatikan makanan dan minumanyang dikonsumsi. yakni, tergolong yang halal ataukah haram. Oleh karena itu, sebagai umat islam kita wajib mengetahui ketentuan hukum halal dan haramnya makanan dan minuman.

Makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari berasal dari berbagai sumber, seperti tumbuh-tumbuhan dan hewan.

Pada saat megonsumsi makanan, kita tidak boleh sekadar memperhatikan selera dan gizi. Untuk membantu agar rohani kita sehat, makanan harus bersih dan halal.

Segala sesuatu yang baik dan bermanfaat bagi manusia halal dimakan. Yang membahayakan dan mengandung mudharat (merusak) dilarang keras oleh agama.

PEMBAHASAN

1). PENGERTIAN MAKANAN HALAL

Suatu makanan atau minuman disebut halal apabila makanan atau minuman tersebut dinyatakan sah (boleh) dikonsumsi.

Halal ada dua, yaitu halal zatnya dan halal cara memperolehnya.

a). Halal zatnya : berarti makanan dan minuman tersebut berasal dari zat yang halal.

b). Halal cara memperolehnya : berarti makanan dan minuman tersebut diperoleh dengan cara yang benar.

2). JENIS-JENIS MAKANAN & MINUMAN HALAL

Menurut islam, hukum asal semua makanan dan minuman adalah halal, kecuali apabila agama menyatakan haram. Dengan kata lain, semua jenis makanan dan minuman (baik nabati maupun hewani) adalah halal dikonsumsi, kecuali apabila ada ayat Al Qur’an atau hadist yang menyatakan haram.

Adapun jenis makanan yang halal, antara lain :

1). Segala jenis biji-bijian dan buah-buahan yang tidak membahayakan keehatan jasmani dan rohani misalnya : Beras, Jagung, Sagu, Mangga, Pisang, Semangka, dan salak.

2). Segala jenis binatang yang hidup di air misalnya : Ikan Mujahir, Lele, dan semua binatang laut.

3). Segala jenis binatang yang hidup di darat misalnya : Sapi, Kambing, Ayam, dan Unggas.

MANFAAT MAKANAN & MINUMAN HALAL
Allah membuat aturan yang diberlakukan bagi semua makhluk-Nya, termasuk manusia. Salah satu aturan-Nya ialah manusia dapat bertahan hidup karena makan dan minum. Sebagian makanan dan minuman dihalalkan. Sebagian yang lain diharamkan untuk dikonsumsi. Dengan begitu, dapat diketahui bahwamanfaat dihalalkan berbagai makanan dan minuman antara lain sebagai berikut :

manusia dapat bertahan hidup didunia sampai batas yang ditentukan oleh Allah SWT. Dengan begitu, makanan haram dapat ditafsirkan sebagai pemendek usia. Seperti contoh BABI. Dalam daging terdapat cacing pita. Dan jika termakan oleh manusia dapat berakibat fatal.

manusia dapat mencapai ridha Allah SWT dalam hidup karena dapat memilih jenis makanan dan minuman yang baik sesuai petunjuk hukum syara’. Allah SWT mencintai makhluk-Nya yang taat dengan perintahnya dan menjauhi laranganya. Jadi Allah SWT melaknat manusia yang memakan makanan dan minuman yang haram, karena itu berarti manusia telah melanggar larangan Allah SWT.

manusia dapat menghindar diri dari perbuatan dosa, karena manusia telah memelihara dan menjaga diri dari hal-hal yang diharamkan oleh Allah SWT.

manusia dapat terhindar dari akhlak mazmumah, karena manusia memakan dan minuman yang haram dapat mempengaruhi watak dan perangai manusia, karena makanan haram dan minuman akan menodai hati manusia sehingga akan menimbulkan tingkah laku yang tidak baik. Jika kita tidak mengonsumsi makanan haram tidak dapat menjaga kesucian akhlak kita. Karena makanan dan minuman haram akan mempengaruhi mental seseorang menjadi tidak terpuji sepertimudah marah kasar ucapan maupun perbuatanya.

Referensi:

Buku paket fiqih kelas VIII

LKS fiqih kelas VIII

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »